Kamis, 19 Juli 2012

PENDEKATAN DEDUKTIF DAN INDUKTIF DALAM PENELITIAN


1.      Pendekatan Deduktif
Pendekatan deduktif adalah pendekatan secara teoritik untuk mendapatkan konfirmasi berdasarkan hipotesis dan observasi yang telah dilakukan sebelumnya. Suatu hipotesis lahir dari sebuah teori, lalu hipotesis ini diuji dengan dengan melakukan beberapa observasi. Hasil dari observasi ini akan dapat memberikan konfirmasi tentang sebuah teori yang semula dipakai untuk menghasilkan hipotesis. 

 
Langkah penelitian seperti ini biasa juga disebut pendekatan ‘dari atas ke bawah’. Pendekatan deduktif dapat digambarkan seperti bagan di bawah ini.


 











Bagan 1. Pendekatan ‘dari atas ke bawah’

            Pendekatan deduktif ini umumnya dilakukan secara matematik lalu dibuktikan dan dikonfirmasi kembali terhadap rumusan matematik tersebut.
Contohnya : Penelitian terhadap Sel Bawang Merah yang dimulai dengan teori kemudian setelah dilakukan penelitian, maka akan didapat Konfirmasi

2.      Pendekatan Induktif
Pendekatan induktif adalah pendekatan yang dilakukan untuk membangun sebuah teori berdasarkan hasil pengamatan atau observasi. Suatu observasi yang dilakukan berkali-kali akan membentuk sebuah pola tertentu. Dari pola tersebut akan lahir hipotesis sementara atau hipotesis tentatif. Hipotesis yang terbentuk berasal dari pola pengamatan yang dilakukan. Setelah dilakukan berulang-ulang, barulah diperoleh sebuah teori.
Langkah penelitian seperti ini disebut sebagai pendekatan ’dari bawah ke atas’. Pendekatan induktif dapat digambarkan seperti bagan berikut ini.



 










           
Bagan 2. Pendekatan ‘dari bawah ke atas’
            Di negara berkembang seperti Indonesia, penelitian dengan pendekatan induktif ini lebih sering dilakukan daripada pendekatan deduktif.
Penelitian dengan metode ilmiah merupakan gabungan dari pendekatan deduktif dan pendekatan induktif. Penentuan hipotesis merupakan proses deduktif, mengumpulkan data adalah proses induktif sedangkan menentukan data yang diambil dan diteliti merupakan proses deduktif.
Contohnya: Penelitian terhadap penyakit Flu Burung, dari Hasil Observasi dan penelitian maka akan di dapat penyebab penyakit flu burung dan didapat juga cara mengantisipasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar