Kamis, 19 Juli 2012

KONSEP DARI PENELITIAN

 Konsep Penelitian
  • Beberapa definisi tentang penelitian
  • Pengertian metode penelitian
  • Fungsi penelitian
  • Tujuan penelitian
  • Karakteristik penelitian

Defenisi Penelitian :
Defenisi Penelitian adalah Suatu penyelidikan yang bersifat sistematik, terkontrol, empiris dan kritis, dalam mengungkap suatu fenomena atau hubungan fenomena tertentu dengan maksud meningkatkan, memodifikasi dan mengembangkan pengetahuan yang dapat diverifikasi atau dibuktikan.
 
Pengertian Metode Penelitian :
Metode Penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan informasi dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Secara umum tujuan penelitian ada tiga macam yaitu bersifat penemuan, pembuktian, dan pengembangan. Melalui penelitian manusia dapat menggunakan hasilnya. Dengan kata lain penelitian adalah suatu pemikiran untuk melakukan kegiatan meneliti, mengumpulkan serta memproses fakta-fakta yang ada, sehingga kumpulan fakta-fakta tersebut dapat dikombinasikan oleh peneliti.
Fungsi Penelitian :
Fungsi (kegunaan) penelitian adalah Memahami dan memperjelas suatu masalah atau informasi yang tidak diketahui dan selanjutnya menjadi fakta yang dapat menjadi suatu informasi yang dapat digunakan oleh orang lain.

Tujuan Penelitian :
Tujuan penelitian adalah untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang lebih akurat yang akan dijawab dalam penelitian lanjutan atau penelitian kemudian. Tujuan Penelitian pada dasarnya adalah untuk memecahkan suatu permasalahan yang pada awalnya akan diteliti oleh penelitinya.

Karakteristik Penelitian :
Penelitian memiliki beberapa karakteristik, diantaranya;
1.     Ada Tujuan
Penelitian harus mempunyai tujuan yang jelas. Suatu penelitian dimaksudkan untuk dapat membantu pemecahan masalah. Walaupun penelitian tidak memberikan jawaban langsung terhadap permasalahan akan tetapi hasilnya harus mempunyai kontribusi dalam usaha pemecahan masalah.
2.    Ada Keseriusan
Keseriusan dalam penelitian berarti ada kehati-hatian, ketelitian dan ada kepastian. Untuk itu diperlukan adanya dasar teori yang baik dan rancangan penelitian yang menatap sehingga keseriusan penelitian meningkat pula.
3.    Dapat Diuji
Suatu penelitian hendaknya menampilkan hasil yang dapat diuji. Dari pengujian ini dapat ditemukan bahwa apakah hasil penelitian itu dapat ditolak atau digunakan.
Presisi dan keyakinan
Presisi menunjukan seberapa dekat hasil penelitian itu terhadap realita. Dengan kata lain presisi mencerminkan derajat kepastian dari hasil penelitian tersebut terhadap gejala atau permasalahan yang dihadapi sebelumnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar